Turbocharger
Dari
Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Turbocharger
Cut-away
Turbocharger adalah sebuah kompresor sentrifugal yang
mendapat daya dari turbin yang sumber tenaganya berasal dari asap gas buang
kendaraan. Biasanya digunakan di mesin pembakaran dalam untuk meningkatkan
keluaran tenaga dan efisiensi mesin dengan meningkatkan tekanan udara yang
memasuki mesin. Kunci keuntungan dari turbocharger adalah mereka menawarkan
sebuah peningkatan yang lumayan banyak dalam tenaga mesin hanya dengan sedikit
menambah berat.
Turbocharger
ditemukan oleh seorang insinyur Swiss Alfred Büchi. Patennya untuk turbocharger diaplikasikan
untuk dipakai tahun 1905.[1]
Lokomotif dan kapal bermesin diesel dengan turbocharger mulai terlihat tahun
1920an.
Sebuah
kerugian dalam mesin bensin adalah rasio kompresi harus
direndahkan (agar tidak melewat tekanan kompresi maksimum dan untuk mencegah knocking mesin) yang
menurunkan efisiensi mesin ketika beroperasi pada tenaga rendah. Kerugian ini
tidak ada dalam mesin diesel diturbocharge yang dirancang khusus. Namun, untuk
operasi pada ketinggian, pendapatan tenaga dari sebuah turbocharger membuat
perbedaan yang jauh dengan keluaran tenaga total dari kedua jenis mesin. Faktor
terakhir ini membuat mesin pesawat dengan
turbocharger sangat menguntungkan; dan merupakan awal pemikiran untuk
pengembangan alat ini.
Komponen mesin ini memiliki tiga bagian penting: roda turbin, roda
kompressor dan rumah as. Roda turbin yang bersudu-sudu ini berputar
memanfaatkan tekanan gas buang keluar, kemudian melalui as terputarnya roda
turbin ini berputar pula roda kompressor dengan sudu-sudunya sehingga memompa udara masuk dalam massa
yang padat. Mengingat komponen ini sering berputar melebihi 80,000 putaran per
menit maka pelumasan yang baik sangat diperlukan
untuk lebih jelasnya dapat menonton vidio ini
http://www.youtube.com/watch?v=LGM2LSz08GU
0 komentar:
Posting Komentar